Pekerja Migran Indonesia Menjaga Nama Bangsa

DOHA—Kehadiran pekerja migran Indonesia (PMI) di luar negeri, tak hanya terkait dengan kemampuan individu saja, melainkan bersama keluarganya membawa nama bangsa dan negara. Untuk itu semuanya harus selalu menunjukkan keteladanan. Antara ucapan harus sama dengan perbuatannya.

Hal ini disampaikan Pakar Komunikasi Dr. Aqua Dwipayana  ketika tampil dalam sharing komunikasi dan motivasi dengan ratusan pekerja migran Indonesia (PMI) profesional dan pegawai Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Doha, Qatar, di Wisma Duta KBRI, Sabtu (29/6/2019).

Semua PMI dan keluarganya selalu menjadi sorotan banyak orang. Jika mereka bertutur kata dan berperilaku baik, itu dianggap biasa karena memang seharusnya begitu. Namun, jika sikap dan perilakunya negatif pasti menjadi sorotan yang berdampak negatif pula bukan hanya bagi yang bersangkutan melainkan juga keluarga, sesama PMI, calon PMI, dan nama Indonesia secara keseluruhan.

“Di manapun berada bersama keluarganya, tolong agar saling mengingatkan untuk menjadi teladan. Sehingga tidak ada celah bagi orang lain untuk menyoroti secara negatif,” tegas doktor dari Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran Bandung, Jawa Barat, ini.

Aqua juga mengingatkan agar sesama warga negara Indonesia (WNI) selalu kompak. Jangan ada gap termasuk di bidang Komunikasi. Dengan begitu antar WNI sama sekali tidak ada jarak. Dia mengingatkan bahwa sesama WNI itu bersaudara, harus saling mengisi, mengingatkan, dan tolong-menolong. Jangan ragu-ragu membantu teman. Lakukan tanpa pamrih dengan meniatkan semua bantuan itu karena Tuhan dan sepenuhnya ibadah.

Mantan wartawan di berbagai media ini mengingatkan sesama WNI untuk selalu menjaga, memelihara, mengembangkan, dan meningkatkan silaturahim. Dengan konsisten melakukan itu dan tanpa pamrih maka rejekinya akan terus mengalir. Yakinlah itu karena janji Tuhan.

Kepada seluruh yang hadir Aqua mengatakan harus bersyukur karena saat ini Tuhan menitipkan seorang Dubes yang Marsekal Purnawirawan yang sangat amanah dan memiliki kepedulian yang besar sekali pada semua PMI di Qatar. Dubes yang dimaksud ialah Marsdya TNI Purn M. Basri Sidehabi.

“Saya berkeliling ke puluhan negara. Qatar adalah negara ke-34 yang saya datangi. Selama ini saya jarang melihat Dubes RI yang memiliki kepedulian yang besar sekali pada PMI di negara tempatnya bertugas. Di Qatar saya menyaksikan Pak Basri yang totalitas peduli pada PMI,” katanya.

Editor : Nurcholis

Haris Kai

Read Next

Pekerja Migran Indonesia di Oman Dapat Suntikan Motivasi Kewirausahaan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *