Ingin Daftar Tes Online Kerja di Korea? Ini Caranya

JAKARTA, IGW News –  Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) telah membuka prapendaftaran tes online bagi warga negara Indonesia (WNI) yang ingin bekerja di sektor perikanan Korea Selatan. Bagaimana cara pendaftarannya?

Berikut mekanisme yang harus ditempuh para calon pelamar sebagaimana disebutkan dalam pengumuman BNP2TKI No.403/PEN-PPP/VII/2019 yang ditandatangani oleh Direktur Pelayanan Penempatan Pemerintah BNP2TKI Arini Rahyuwati tertanggal 12 Juli 2019.

Para calon dapat mendaftar secara mandiri atau sendiri-sendiri melalui fasilitas internet dengan mengakses website: http://g2g.bnp2tki.go.id. Selanjutnya, pendaftar mengisi form pada aplikasi prapendafatran dan mengupload dokumen yang dipersyaratkan.

Dok. Humas BNP2TKI

Saat mengakses website tersebut, akan tampil informasi pengumuman Pendaftaran EPS-TOPIK. Bacalah dengan teliti isi pengumuman itu. Pada tampilan tersebut, terdapat tombol “Pendaftaran CBT Umum” di pojok kanan atas. Klik tombol tersebut, lalu akan tampil form isian pendaftaran. Isi kolom form pendaftaran itu dengan data diri, kontak, data orang tua, data bank, pengalaman kerja, dan kompetensi. Selanjutnya, pendaftar dapat memilih wilayah pelaksanaan ujian.

Setelah itu, pendaftar mengunggah (upload) hasil pindai atau scan dokumen yang dipersyaratkan, meliputi: KTP (format jpg), paspor (Jika ada, format jpg), sertifikat BST (format jpg), asli ijazah terakhir (format jpg), surat keterangan tidak buta warna (format PDF), dan buku tabungan atas nama pribadi (format jpg).

Selain itu, pendaftar wajib mengunggah minimal salah satu dari dokumen berikut ini yang dipindai dalam format PDF, yakni: 1) Dokumen pengalaman kerja bidang perikanan di dalam atau luar negeri minimal satu tahun dari perusahaan tempat bekerja; 2) Sertifikat pelatihan vokasional/kejuruan bidang perikanan yang dikeluarkan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) atau Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP), yang isinya mencakup nama lembaga penyelenggara pelatihan, materi pelatihan, dan jumlah jam pelatihan (minimal 120 jam); 3) Sertifikat kompetensi nasional dibidang perikanan yang dikeluarkan LSP atau BNSP.

Selanjutnya, di bagian bawah form isian, terdapat tombol “Register” untuk mendaftar sekaligus menyimpan data dan tombol “Reset Form” untuk mengosongkan form isian. Pastikan semua kolom telah terisi secara benar. Ketika tombol “Register” diklik, akan tampil informasi “Apakah anda yakin akan menyimpan data?”. Klik tombol “Ok” untuk menyimpan data dan anda telah terdaftar sebagai pendaftar ujian EPS-TOPIK. Setelah itu, akan  tampil keterangan “berhasil menyimpan”.

Kemudian, klik link untuk mencetak tanda bukti Pra Pendaftaran Online. Hasil link untuk mencetak bukti prapendaftaran akan dikirim melalui alamat email masing-masing pendaftar. Karena itu, pastikan alamat email ditulis secara benar dan masih aktif.

Cetakan (print out) prapendaftaran berupa nomor registrasi bukti prapendaftaran dan Kode Pembayaran nontunai biaya ujian EPS-TOPIK. Data hasil cetak prapendaftaran dapat disimpan di flashdisk, hard disk eksternal, dan perangkat semacamnya.

Pembayaran Biaya Ujian EPS-TOPIK

Pendaftar wajib membayar biaya ujian sebesar US$24 atau setara dengan Rp339.720 (kurs rupiah/dolar pada 12 Juli 2019 Rp14.155. Pembayaran dilakukan melalui Bank BRI. Pembayaran dilakukan dengan menggunakan Kode Bayar yang tertera pada hasil cetak pembayaran PraPendaftaran Online. Pembayaran dapat dilakukan melalui ATM BRI, internet banking BRI, dan teller BRI (dengan menyebutkan pembayaran melalui Brinets Express).

Pembayaran hanya dapat dilakukan dengan menggunakan Kode Bayar. Jika pembayaran dilakukan langsung ke Rekening BNP2TKI, proses verifikasi data tidak dapat dilakukan. Batas waktu pembayaran selambat-lambatnya sebelum jadwal verifikasi dokumen pendaftaran.

Peserta yang telah mengikuti Ujian EPS-TOPIK CBT Sektor Perikanan Tahun 2019 dan dinyatakan tidak lulus oleh HRD Korea atau berbuat kecurangan pada saat ujiantidak akan menerima uang pengembalian pendaftaran. Demikian pula jika peserta mengundurkan diri, uang pendaftaran yang telah dibayarkan tidak akan dikembalikan. Adapun bagi peserta yang telah mendaftar dan dinyatakan tidak dapat mengikuti Ujian EPS-TOPIK CBT Sektor Perikanan Tahun 2019 oleh HRD Korea, uang pendaftaran akan dikirimkan melalui rekening yang bersangkutan.

BNP2TKI membuka prapendaftaran tes berbasis komputer (CBT) Sistem Izin Kerja–Tes Profisiensi di Korea atau Employment Permit System – Test of Proficiency in Korean (EPS-TOPIK).

Prapendaftaran computer based test (CBT) EPS-TOPIK ini khusus untuk sektor perikanan 2019 dengan model rekrutmen menggunakan sistem poin. Adapun jenis pekerjaan yang ditawarkan mencakup dua bidang, yakni: budidaya perikanan (sea farming) dan penangkapan ikan (in and off–shore fishery). (Nic)

Nurcholis Basyari

Read Previous

Ingin Ikut Tes Online Kerja di Korea? Ini Syaratnya

Read Next

Hingga Juli 2019, Hampir 1.000 PMI Dipulangkan Karena Bermasalah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *