Inilah Sejumlah Program Menarik Komunitas Anak TKI

Jakarta, IGW News – Sebagaimana komunitas lainnya, komunitas anak Tenaga Kerja Indonesia (TKI) juga punya sejumlah program yang sesuai dengan tujuan awal didirikannya komunitas. Ada sebuah komunitas anak TKI yang layak untuk disimak yakni Komunitas Anak TKI Permata Ibu Pertiwi.

Komunitas ini memiliki sejumlah program menarik untuk anak-anak TKI, secara khusus yang ada di Sabah Malaysia. Awalnya komunitas ini berdiri atas dasar ingin membantu sesama anak perantauan yang ingin sekolah di Indonesia. “Komunitas kami juga berdiri untuk membantu mengembangkan potensi yang ada di dalam diri masing-masing anak TKI,” ungkap Azwan selaku pendiri komunitas.

Berikut Program Komunitas Anak TKI Permata Ibu Pertiwi (PIP)

  • KUSAR (Kunjungan Saudara)

Program ini dirancang untuk mengunjungi anak-anak TKI yang sedang bersekolah di Indonesia. Tujuannya adalah untuk mengeratkan lagi silaturahmi sesama anak TKI. Selain itu akan ada sesi life motivation, sharing, game dan lain-lainnya.

  • PIRJA (Permata Ibu Pertiwi Mengajar)

Program PIRJA adalah bentuk kontribusi nyata PIP untuk negeri. Berbagi ilmu untuk siapapun dan kapanpun. Khususnya untuk anak-anak TKI. Baik di luar negeri maupun dalam negeri. Hal ini menjadi bentuk kontribusi lewat pengabdian anak-anak TKI pada ibu pertiwi. Selain itu, melatih kemampuan anak-anak TKI     dalam beradaptasi dilingkungan mengajar dan belajar sebagai bagian dari kaum civitas akademika.

  • DISKON (Diskusi Online)

Program DISKON adalah program berbentuk diskusi online yang akan dilakukan secara online, dengan menentukan tema yang akan menjadi pembahasan diskusi. Tujuannya untuk membangun nalar kritis dan kepekaan anak-anak TKI.

  • FOKUS (Forum Kelas Menulis)

Forum Kelas Menulis adalah program pengabdian anak TKI. Dimana akan dilakukan di sekolah-sekolah yang terdapat siswanya berstatus sebagai anak TKI dan juga secara online. Tujuannya selain silaturahmi juga untuk pengembangan potensi anak-anak TKI dibidang kepenulisan baik non ilmiah maupun ilmiah.

  • JESAI (Jemput Saudara Anak TKI)

Program JESAI adalah PIP menjemput anak-anak TKI yang kembali ke Indonesia untuk melanjutkan sekolah. Penjemputan akan dilakukan baik di Bandara maupun di Stasiun kereta api. Sebagai bentuk ucapan selamat dating di negerinya sendiri. Sehingga terciptanya silaturahmi dan rasa persaudaraan sesama anak TKI.

  • BK PIP (Bimbingan Konsultasi Permata Ibu Pertiwi)

Program ini sebagai bentuk membantu permasalahan yang sedang dihadapi anak TKI. Baik permasalahan pribadi maupun akademiknya. Anak TKI akan berkonsultasi baik lewat chat, video call, maupun secara langsung pada pengurus PIP. Membantu sesama anak TKI adalah keharusan sesama yang lahir dari atap yang sama. (Hr)

Editor : Harsen Roy Tampomuri

Harsen Roy Tampomuri

Read Previous

Peduli Sesama Anak TKI, Azwan Dirikan Komunitas Anak TKI Permata Ibu Pertiwi

Read Next

KILAS PMI SEPEKAN: Seorang TKI Memberi Kabar Setelah 11 Tahun Menghilang Hingga TKI Dibui Setelah Menganiaya Anak Majikannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *