Aqua: PWI Peduli Perlu Rangkul Wartawan Senior Untuk Sukseskan Program Sosial

Jakarta, IGW News – Jejaring (networking) wartawan dan relasi yang luas yang menjadi modal kuat bagi Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) untuk menggelar berbagai kegiatan sosial yang bermanfaat bagi orang banyak.

Pakar komunikasi yang juga motivator nasional Aqua Dwipayana mengemukakan hal itu saat bersilaturahim dengan tim PWI Peduli dan staf sekretariat Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) di Gedung Dewan Pers Lantai 4, Jl Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Jumat (16/8/2019) sore.

Pakar komunikasi dan motivator nasional Aqua Dwipayana (kiri) menerima cenderamata dari Ketua PWI Peduli M Nasir di Sekretariat PWI Pusat, Jumat (16/8/2019). Dalam acara silaturahim itu, Aqua sekaligus memotivasi jajaran pengurus PWI Peduli dan staf Sekretariat PWI Pusat. (Ist)

Menurut doktor komunikasi lulusan Universitas Padjadjaran Bandung, Jawa Barat, itu PWI Peduli harus pandai mengelola dan memanfaatkan modal jejaring sumber daya manusia (SDM) yang dimiliki PWI, terutama para wartawan anggota PWI. Sebagai organisasi wartawan terbesar dan tertua, jejaring PWI menjangkau seantero Nusantara. Aqua menyarankan agar dalam menjalankan kegiatan sosialnya, PWI Peduli  tidak hanya melibatkan para pengurus dan wartawan muda yang masih aktif tetapi juga merangkul para senior, termasuk yang telah pensiun dari perusahaan pers.

“Sinergi dengan para wartawan senior yang sudah pensiun itu sebagai upaya meningkatkan kapasitas pribadi mereka untuk tetap menjaga jaringan relasi atau networking yang sudah terjalin baik sebelumnya,” kata Aqua, pakar komunikasi dan motivator yang telah tampil sebagai pembicara tunggal di hadapan ratusan ribu orang khalayak (audiens) di seluruh Indonesia dan puluhan negara.

Mantan wartawan itu melihat pribadi wartawan anggota PWI memiliki etos kerja yang tinggi dan berpengalaman menjalin komunikasi dengan jaringan narasumber yang luas dan berpengaruh. Hal itu dia nilai sebagai bekal rekam jejak yang bagus.

“Apabila mereka sudah tidak bekerja di medianya lagi, setidaknya dapat aktif membantu organisasi PWI Peduli untuk memanfaatkan networking-nya demi kepentingan PWI,” kata penulis buku best seller berjudul The Power of Silaturahim: Rahasia Sukses Menjalin Komunikasi yang telah enam kali cetak ulang sebanyak 120 ribu eksemplar.

Aqua mengatakan SDM mantan wartawan sebenarnya memiliki potensi yang dapat dikembangkan lebih besar dalam kegiatan sosial yang bersifat kepedulian bagi masyarakat luas.

Pakar komunikasi dan motivatoir nasional Aqua Dwipayana (menghadap kamera, kiri) didampingi Ketua PWI Peduli M Nasir memotivasi jajaran pengurus PWI Peduli dan staf Sekretariat PWI Pusat di Gedung Dewan Pers, Jumat (16/8/2019). (Ist)

“Ketika mereka masih aktif bekerja sebagai wartawan tentunya sudah memiliki trust dan attitude yang baik di mata relasinya di masa lalu. Hal itu perlu dimanfaatkan saat ini untuk kepentingan PWI Peduli,” kata motivator bertarif Rp60 juta sekali tampil itu.

Dengan bekal seperti itu, menurut Dwipayana, pemanfaatan SDM wartawan senior di berbagai daerah setidaknya dapat mampu meningkatkan kredibilitas insan pers untuk terus berkarya dalam bentuk kepeduliannya kepada masyarakat luas.

Ketua PWI Peduli M. Nasir menyambut baik masukan Aqua yang tampaknya sederhana tetapi acapkali terabaikan. Nasir bertekad dalam waktu dekat segera merealisasikannya, yakni menjalin komunikasi dengan para wartawan senior jaringan PWI di berbagai daerah di seluruh Indonesia guna mendukung program kerja PWI Peduli. Dia mengatakan sejak diluncurkan di Hall Gedung Dewan Pers 24 Mei silam, PWI provinsi dan kabupaten/kota di di seluruh Indonesia antusias mendirikan PWI Peduli di daerah masing-masing. Berbagai kegiatan telah pula dilaksanakan, termasuk pengobatan gratis, santunan anak yatim, kunjungan ke panti jompo, dan kurban Idhul Adha 1440 H/2019 beberapa hari lalu.

“Yang penting niatnya menjaga silaturahim dengan masyarakat, dilandasi keikhlasan untuk membantu sesama,” ujarnya. (Nic)

Nurcholis Basyari

Read Previous

Pidato Lengkap Presiden Jokowi dalam Sidang Tahunan MPR RI 2019

Read Next

20 Artikel Terbaik Lomba Menulis Kebangsaan Yang Diadakan PWI Pusat

One Comment

  • Melangkah maju dan profesional wartawan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *