Semarak Festival Batik dan Jumputan Diaspora Indonesia di Taiwan

HARI ini, 2 Oktober 10 tahun silam, UNESCO menetapkan batik sebagai warisan kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity). Indonesia kemudian memperingati 2 Oktober sebagai Hari Batik Nasional. Untuk memperingati Hari Batik Nasional, diaspora Indonesia di Taiwan atau Indonesian Diaspora Network in Taiwan (IDN Taiwan) bekerja sama dengan Indonesian Economic and Trade Office in Taipei menggelar perhelatan Batik & Jumputan Festival di Taiwan National Museum, Nanmen Park – Taipei City, Minggu (29/9/2019).

Melalui acara ini, IDN Taiwan ingin mengajak agar para pekerja migran Indonesia (PMI) di Taiwan tetap mempromosikan kekayaan budaya Indonesia. Dwi Suwarni, koresponden IGW News di Taiwan, melaporkan pengunjung disuguhkan pemandangan menarik berupa beragam kreasi dan desain kain batik nan cantik. Tidak hanya lenggak-lenggok memperagakan busana batik dalam kompetisi Indonesian Traditional Costumes Fashion Show, dalam acara itu juga diperkenalkan keberagaman batik asli Indonesia, cara membatik, dan Photography Contest. Tentu saja, tidak ketinggalan tersaji pula beragam hidangan khas Indonesia.

Diaspora Indonesia di Taiwan patut bersyukur karena kegiatan mereka tidak dibatasi dalam berekspresi sebagai warga negara Indonesia. ”Kami sangat senang, meski sebagai pendatang di Taiwan tapi tidak dibatasi untuk melakukan kegiatan kebudayaan Indonesia. Dan di acara Festival Batik dan Jumputan ini, semua adalah pemenang yang mencintai kekayaan bangsa sendiri tanpa dibatasi,” kata Dwi.

Presiden Indonesian Diaspsora Network Taiwan Kartika Dewi.
Dwi Suwarni, koresponden IGW News di Taiwan.

Festival budaya Indonesia yang didukung National Taiwan Museum ini ditutup dengan pemberian cenderamata dan sertifikat sebagai bentuk apresiasi kepada para partisipan acara tersebut.

Lita Pantouw

Read Previous

Dalam 9 Bulan, P4TKI Bekasi Layani Hampir 20 Ribu Calon Pekerja Migran Indonesia di 10 Negara

Read Next

Jatim, Jateng, dan Jabar, Pemasok Utama PMI ke Luar Negeri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *