Pemberian Bantuan Logistik KBRI Panama Untuk Para WNI

Panama, IGW News – Saat ini peranan untuk melindungi dan mengawasi para Warga Negara Indonesia (WNI) yang bekerja ataupun sekedar singgah di luar negeri sudah menjadi tanggung jawab dari Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI). Tentu di berbagai negara yang mempunyai hubungan diplomasi dengan Indonesia. KBRI Panama berupaya untuk melakukan upaya pelindungan WNI dengan pemberian bantuan logistik, Selasa (28/05/2020).  

Dalam kondisi dunia yang dilanda pandemi dari coronavirus desease 2019 (Covid-19) ini, membuat hampir seluruh negara di dunia melakukan kampanye untuk social distancing, physical distancing dan bahkan ada juga yang melakukan lockdown. Hal ini diharapkan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Sehingga selain masalah wabah virus, banyak juga masalah yang menghampiri seperti pemutusan hubungan kerja (PHK), komunikasi yang terhambat, kelaparan, dan hal lainnya.

Untuk negara Panama sendiri, salah satu kebijakan yang diambil oleh otoritas Pemerintah Panama adalah pembatasan mobilitas dan kewajiban tetap di rumah. Hal ini juga tentunya mempersulit masyarakat termasuk para WNI yang tinggal di Panama untuk mencari kebutuhan. Sehingga pemberian bantuan logistik sangatlah membantu para WNI.

Tim KBRI Panama dalam persiapan untuk pendistribusian bantuan logistik untuk WNI (Dokumentasi KBRI Panama)

Seperti yang dikutip dari situs resmi kemenlu.go.id yang dipublikasikan pada tanggal 30 April 2020. KBRI Panama City membantu para WNI yang tinggal di Alcalde Diaz dan Pedegral, yang jaraknya sekitar 30 menit dari Panama City. Para WNI mendapatkan bantuan berupa sembako dan sabun cuci. Pembagian logistik ini sebagai bagian dari upaya KBRI Panama City dalam membantu para WNI yang mengalami kesulitan dalam mendapatkan akses kepada kebutuhan pokok.

Situasi di Panama yang menerapkan karantina total mengakibatkan keterbatasan waktu untuk keluar rumah dan terbatasnya bahan pokok untuk wilayah-wilayah di luar Panama City. Hingga Rabu (29/04/2020), data WHO menyebutkan sudah 5.597 orang di Panama yang terkonfirmasi COVID-19. Hingga kini belum dilaporkan ada WNI yang terkonfirmasi COVID-19 di Panama. KBRI Panama City akan terus memantau perkembangan dan memastikan kondisi para WNI di wilayah kerjanya. (ds)

Editor: Harsen Roy Tampomuri

Harsen Roy Tampomuri

Read Previous

Kepala BP2MI: Shelter Harus Layak Untuk PMI

Read Next

Negara Melindungi, Begitu Hashtag Yang di Buat Kemlu RI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *