KBRI Sofia Prioritaskan Lindungi WNI

Sofia,  IGW News – Dalam usaha untuk melindungi para Warga Negara Indonesia (WNI) yang ada di luar negeri, Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Sofia memberikan sejumlah update informasi terbaru yang dapat diakses melalui situs resmi kemlu.go.id. Pandemi Covid-19 juga berdampak pada wilayah kerja KBRI Sofia yaitu Bulgaria, Albania dan Makedonia Utara. Melihat hal tersebut, KBRI Sofia terus meningkatkan pelindungan dan pelayanan bagi para WNI di wilayah kerja tersebut.

Sejak bulan April 2020 kemarin, sudah dilakukan pemberian bantuan logistik secara bertahap di tiga negara tersebut. Bantuan yang diberikan berupa bahan makanan, makanan ringan, masker, sarung tangan, dan cairan pembersih tangan. Sasaran bantuan diutamakan bagi pelajar/mahasiswa dan Pekerja Migran Indonesia (PMI). Bantuan logistik dibagikan bagi seluruh WNI di Albania, 5 orang mahasiswa di Bulgaria, dan 6 orang PMI yang bekerja di Spa Victoria Bulgaria (Sofia dan Velingrad).

Upaya sterilisasi dengan penyemprotan disinfektan ke gedung KBRI sofia (KBRI Sofia/Kemlu RI)

Selain itu KBRI Sofia juga membantu WNI yang sedang melakukan tur dan sempat  tertahan di perbatasan Bulgaria dan Serbia pada 15 Maret 2020. Sebanyak 40 orang WNI yang berencana untuk berkunjung ke Serbia tetapi sebelum ke Serbia mereka sudah tur wisata ke Bulgaria dan Romania. Hal ini mengakibatkan mereka di tolak masuk ke Serbia karena riwayat kunjungan mereka yang melakukan perjalanan dizona merah di Kawasan Balkan.

Selama tertahan, KBRI Sofia selalu memantau mereka dan memberikan bantuan logistik. Sehingga pada pada tanggal 16 Maret 2020 para WNI telah berhasil pulang ke Indonesia dengan selamat  menggunakan jalur penerbangan melalui Dubai. Tak lupa juga KBRI Sofia melakukan acara Sarasehan Virtual untuk menyapa para WNI, kegiatan yang berlangsung pada hari Rabu (22/04/2020) dengan mengundang WNI dari tiga negara yang di tangani.

Sebanyak 12 perwakilan dari pihak WNI mengadakan diskusi mengenai pembatasan besar-besaran di negara masing-masing. Duta Besar Indonesia untuk Bulgaria merangkap Albania, dan Makedonia Utara, Sri Astari Rasjid menghimbau agar WNI tetap tenang. Dari pihak KBRI sendiri terus mengupayakan pengamanan dan prosedur kesehatan bagi para pegawai mereka dengan Sterilisasi Gedung KBRI dan Swab Test bagi Pegawai KBRI.

Hal ini diharapkan dapat meminimalisasi penularan virus covid-19 antara pegawai serta keamanan juga bagi para WNI yang berkunjung ke KBRI. Proses sterilisasi dengan penyemprotan disinfektan telah dilakukan di gedung KBRI Sofia pada tanggal 15 Maret 2020. KBRI juga melakukan komfirmasi data dan tercatat ada 59 orang WNI di Bulgaria, 4 di Albania, dan 7 di Makedonia Utara; semuanya dalam kondisi sehat tidak terjangkit COVID-19.

(sumber:KBRI Sofia / kemenlu.go.id )

Harsen Roy Tampomuri

Read Previous

Dilema Penundaan Pilkada, GAMKI Diskusikan Bersama KPU dan Bawaslu

Read Next

Letjen TNI Doni Monardo Instruksikan Grup Lion Air Ketat Terapkan Protokol Kesehatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *