KJRI Cape Town Berikan Bantuan Logistik Kepada Para ABK WNI

Cape Town, IGW News – Patut di acungi jempol kinerja para diplomat Indonesia di luar negeri, kali ini kita mendapatkan informasi dari Cape Town, Afrika Selatan. Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Cape Town menunjukkan kepedulian dan bukti nyata kinerjanya sebagai wakil Indonesia di luar negeri dengan memperhatikan keadaan WNI yang ada di Cape Town.

Sebanyak 50 WNI telah mendapatkan bantuan paket logistik yang terdiri dari bahan makanan dan alat kebersihan Jumat (15/05/2020). Para WNI tersebut merupakan awak kapal Nikko Maru No. 1, Koryo Maru No. 11, Edinburgh dan Geo Searcher sebagaimana dikutip dari laman resmi Kementerian Luar Negeri RI (16/05/2020).

Senyum bahagia para ABK WNI yang menerima bantuan dari KJRI Cape Town (dok. KJRI Cape Town/Kemlu RI)

Sejak adanya lockdown di Afrika Selatan pada tanggal 26 Maret 2020 yang lalu, para ABK yang berada di pelabuhan Cape Town tidak diperbolehkan turun dari kapal. Tentu para ABK sangat kesulitan untuk berbelanja kebutuhan pokok mereka. Berbagai kebutuhan juga disediakan oleh perusahaan agen kapal terkait yang diantar melalui kurir khusus yang telah diberikan izin oleh otoritas pelabuhan.

Membangun  kerja sama yang baik dengan pihak agen kapal dan otoritas pelabuhan, KJRI Cape Town juga memfasilitasi pembagian logistik tersebut dengan bantuan kurir khusus pelabuhan. Selain itu, Pihak KJRI Cape Town juga turut membantu pemenuhan kebutuhan para ABK WNI sebagai bentuk pelayanan dan pelindungan kepada para ABK di tengah masa lockdown.

KJRI Cape Town turut membantu pemenuhan kebutuhan para ABK WNI tersebut sebagai bentuk upaya pelayanan dan perlindungan  kepada para ABK WNI di tengah masa lockdown. Selain itu, KJRI Cape Town juga berharap paket logistik ini dapat bermanfaat untuk meningkatkan semangat dan daya tahan tubuh dalam menghadapi situasi pandemi COVID-19, ekstrimnya suhu udara Cape Town yang tengah memasuki musim dingin, serta ketika menjalankan ibadah puasa di bulan suci Ramadhan kali ini.

KJRI Cape Town berharap bantuan logistik yang mereka salurkan dapat membantu, meningkatkan semangat dan daya tahan tubuh di tengah pandemi. Mereka juga berharap walaupun memasuki musim dingin ini para ABK dapat menjalankan ibadah puasa di bulan suci Ramadhan kali ini dengan lancar.(Dan)

Editor: Harsen Roy Tampomuri

Harsen Roy Tampomuri

Read Previous

Inilah yang Terjadi Jika Pandemi Virus Korona Tidak Kunjung Berakhir

Read Next

Setelah 11 Bekerja di Saudi, Ripaah Akhirnya Bisa Pulang Kampung ke Lombok Timur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *