2.373 WNI Mendapatkan Paket Bantuan Dari KJRI Davao City

Davao, Filipina, IGW News – Kosulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Davao City hadir untuk para Warga Negara Indonesia (WNI) di Mindanao dengan mendistribusikan bantuan paket makanan kepada 2.373 WNI sebagaimana dikutip dari laman resmi Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia, Selasa (19/05/2020)

Pemerintah Filipina menerapkan karantina wilayah secara bertahap termasuk untuk Kota Davao. Walikota Davao telah menetapkan community quarantine sejak tanggal 16 Maret 2020 dan Enhance Community Quarantine (ECQ) sejak tanggal 4 April 2020. Kantor swasta dan pemerintah, lembaga pendidikan, tempat ibadah, hotel dan perusahaan serupa lainnya, tempat acara, restoran dan perusahaan makanan lainnya harus menutup tempat dan menghentikan kegiatannya.

Walikota Davao telah menetapkan community quarantine sejak tanggal 16 Maret 2020 dan Enhance Community Quarantine (ECQ) sejak tanggal 4 April 2020. Kantor swasta dan pemerintah, lembaga pendidikan, tempat ibadah, hotel dan perusahaan serupa lainnya, tempat acara, restoran dan perusahaan makanan lainnya harus menutup tempat dan menghentikan kegiatannya.

Tempat yang berpotensi keramaian seperti pasar dibuatkan jadwal secara bergantian serta diterapkan food & Medicine Card oleh otoritas pemerintah Filipina. Untuk palayanan transportasi hanya ada dari jam 6 malam sampai jam 6 pagi, selain itu pada hari minggu wajib menerapkan lockdown, semua warga wajib tinggal di rumah.

Hal ini tentu berdampak bagi semua masyarakat Filipina termasuk WNI yang tinggal dan bekerja di sana. Dari data KJRI Davao City tercatat 2.842 WNI yang sebagian besar dengan mata pencaharian tidak tetap seperti nelayan, pekerja berkebun dan buruh tani.   

KJRI Davao City mendistribusikan bantuan kepada 2.373 WNI rentan dan terdampak kebijakan penangangan COVID-19 di Mindanao, Filipina. Bantuan logistik diberikan oleh KJRI Davao City dan diserahkan kepada para penghubung (liaison officer) yang merupakan tokoh WNI di lingkungan tempat tinggal yang tersebar di 90 lokasi di Mindanao.

Pendistribusian bantuan kepada WNI di Mindanao, Davao City, Filipina (dok. KJRI Davao City/Kemlu RI)

“Semoga hingga berakhirnya pandemik virus corona WNI di Mindanao tidak ada yang terkena Covid-19 dan keadaan kembali normal,” ujar Konsul Jenderal Indonesia di Davao City, Dicky Fabrian.  

KJRI Davao City sejak awal karantina wilayah diberlakukan telah berkomitmen untuk memberikan pelindungan dan pelayanan bagi para WNI dengan menyebarkan himbauan dan edaran di media sosial serta memberikan sosialisasi tentang COVID-19. Selain itu, KJRI Davao City juga meliburkan Sekolah Indonesia Davao (SID) dan memberlakukan kebijakan pencegahan penyebaran COVID-19 di lingkungan KJRI Davao. (Dan)

Editor: Harsen Roy Tampomuri

Harsen Roy Tampomuri

Read Previous

Sambut Kepulangan Pekerja Migran, Pemprov Jateng Terapkan Protokol Ketat

Read Next

PWI Peduli Salurkan 200 Paket Bantuan Pegawai Kementerian PUPR

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *