Dompet Dhuafa dan PWI Pusat Bantu Insan Pers Terdampak Covid-19

Jakarta, IGW News – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat bekerja sama dengan Dompet Dhuafa untuk menyalurkan bantuan bahan pangan kepada insan pers yang terdampak Covid-19.

Penyaluran bantuan secara simbolis dilaksanakan di Kantor Dompet Dhuafa, Jakarta Selatan, Rabu (20/5/2020). Ketua Umum PWI Pusat Atal S Depari hadir memberikan secara simbolis bantuan kepada perwakilan wartawan senior. Acara tersebut dihadiri antara lain pendiri Dompet Dhuafa Parni Hadi yang juga sebagai inisiator kegiatan, Ketua Pengurus Yayasan Dompet Dhuafa Nasyid Majidi, Ketua PWI Peduli M Nasir, Humas PWI Pusat Mercys Charles Loho, dan Ketua PWI Jaya Sayid Iskandarsyah.

Atal mengatakan pandemi virus korona jenis baru Covid-19 telah berdampak luas terhadap kehidupan banyak orang, termasuk insan pers. Menurut dia, banyak wartawan yang sudah tidak bekerja karena kondisi perusahaannya terdampak Covid-19. Belum lagi wartawan senior yang sudah lama pensiun. Mereka pun menghadapi kesulitan ekonomi.

“Semua ini terkena imbas Pandemi Covid-19. Padahal mereka itu merupakan sumber daya yang sangat andal dalam dunia pers. Mereka perlu kita selamatkan,“ kata Ketum PWI Pusat.

Para wartawan yang masih aktif, yang sudah pensiun, ataupun keluarganya yang selama ini mendukungnya, telah turut andil dalam pembangunan demokrasi untuk bangsa melalui pemberitaan-pemberitaan media massa. Ini tidak bisa dipungkiri kerena pers adalah salah satu pilar demokrasi.

Saat ini jumlah wartawan aktif yang tergabung dalam organisasi PWI mencapai 16 ribu orang di seluruh Indonesia. Sebagian besar dari mereka terdampak pandemi Covid-19.

“Terima kasih kepada jajaran pimpinan Dompet Dhuafa yang telah bersedia bekerja sama dalam berbagi untuk yang membutuhkan,” kata Atal.

Sementara itu, Ketua PWI Peduli M Nasir menjelaskan Dompet Dhuafa menggandeng PWI Pusat guna menyalurkan bantuan tersebut kepada masyarakat pers, khususnya keluarga PWI yang membutuhkan. Bantuan tersebut diprioritaskan untuk para wartawan yang telah pensiun dari perusahaan pers tempat mereka bekerja.

Total yang diserahkan Dompet Dhuafa untuk disalurkan oleh PWI ada 300 paket bantuan pangan. (Nic)

Nurcholis Basyari

Read Previous

Nasdem Minta Pemprov NTT Antisipasi Pemulangan 4200 Pekerja Migran

Read Next

Sambut Kepulangan Pekerja Migran, Pemprov Jateng Terapkan Protokol Ketat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *